Berita Kegiatan Kampus

#

Lulusan Prodi Gizi Unisa Kuningan Tengah Persiapan Ikuti Uji Kompetensi oleh AIPGI

UNISA, - Dua puluh orang mahasiswa lulusan Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam Al-Ihya Kuningan akan mengikuti Ujian Kompetensi Nutrisionis/ Sarjana Gizi secara daring yang diselenggarakan Asosiasi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia (AIPGI) pada hari Sabtu tanggal 30 Januari 2021 beserta 50 institusi pendidikan tinggi lainnya.

Dalam hal persiapan pelaksanaan tersebut, Unisa telah melakukan persiapan diantaranya pada hari Sabtu tanggal 23 Januari, peserta dari Unisa Kuningan telah melakukan tryout Ujian Kompetensi yang diselenggarakapan oleh AIPGI secara daring.

Ada pun dalam rangka giat yang digagas oleh AIPGI tersebut, Unisa menunjuk Penanggung Jawab Institusi Prodi Ilmu Gizi Unisa yakni Kaprodi Ilmu Gizi Unisa Aep Saepudin, M.Pd, Penanggung Jawab IT Sekretasis Pusinfo Unisa Yogi Iskandar, M.Pd., dan Pengawas Lokal Sekretaris LPM Unisa Risna Nurlia S.ST., M.KM.

“Selain pelaksanaan tryout tanggal 23 Januari, kami selaku petugas dari Unisa pun telah mengikuti rapat evaluasi pelaksanaan tryout Uji Kompetensi Nutrisionis, kemudian hari ini (29/01) kami pun mengikuti rapat persiapan Uji Kompetensi. Untuk pelaksanaan ujiannya, sebanyak 20 orang mahasiswa lulusan Program studi Ilmu Gizi Unisa akan berlangsung pada hari Sabtu tanggal 30 Januari 2021”, papar Yogi selaku Penanggung Jawab IT Program Studi Ilmu Gizi Unisa dalam kegiatan Uji Kompetensi oleh AIPGI.

Menurut salah satu peserta Ujian Kompetensi dari alumni Prodi Ilmu Gizi Unisa Imas Siti Masitoh, S.Gz ujian tersebut ditujukan untuk nutrisionis yang sudah lulus menempuh pendidikan tinggi guna mendapatkan salah satu syarat dalam memeroleh surat tanda registrasi (STR) yakni Sertifikat Kompetensi. “Bagi kami dan rekan-rekan yang telah lulus uji kompetensi akan mendapatkan sertifikat komptensi. Ada pun syarat STR yaitu KTA, Sumpah Profesi, dan Sertifikat Komptensi,” paparnya,

Lulusan terbaik pertama Program Studi Ilmu Gizi Unisa Tahun 2019/2020 tersebut pun menerangkan bahwa uji kompetensi meliputi beberapa cakupan materi diantaranya landasan ilmiah ilmu gizi, gizi klinik, dan gizi masyarakat. Selain yang materi lain yang akan diujikan yakni manajemen sistem penyelenggaraan makanan, kode etik profesi gizi, komunikasi, dan penelitian terapan.

“Beberapa hal yang sudah disiapkan dalam mengikuti Uji Kompetensi, saya cukup melakukan banyak kegiatan diantaranya adalah mengikuti tryout yang diadakan oleh @gizipedia, memahami beragam soal dan pembahasannya, mengikuti pembekalan gizi klinik, gizi masyarakat, MSPMI yang diadakan oleh Unisa selama tiga hari, dan mengikuti tryout yang digelar oleh AIPGI,” jelasnya.

Terakhir, Imas menyampaikan, “Semoga dengan mengikuti Uji Kompetensi ini saya dan rekan-rekan seperjuangan dapat menjalaninya dengan lancar dan lulus dengan nilai yang maksimal. Sehingga kami mendapatkan Sertifikat Kompetensi guna mengajukan STR. Dengan begitu, kami dapat turut serta membawa harum nama baik kampus dengan cara mengabdikan diri di tengah-tengah masyarakat dalam konteks kesehatan khususnya bidang ilmu gizi,” harapnya.***(HUMAS)

Share:

Testimoni

Bagaimana mereka bercerita tentang UNISA Kuningan

#

HUBUNGI KAMI

Jika ada pertanyaan anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp dengan cara mengklik tombol Contact US

  • #
  • #
  • #
  • #
  • #